Manfaat Tak Disangka Coklat Hitam

Dark chocolate, atau yang biasa dikenal dengan dark chocolate, berguna untuk menurunkan tekanan darah dan memiliki kandungan anti-oksidan yang tinggi. Kami merekomendasikan Anda untuk mengonsumsi cokelat hitam tanpa campuran susu untuk memaksimalkan manfaatnya.
Manfaat Tak Disangka Coklat Hitam

Cokelat hitam yang diolah dan ditambah dengan kacang, karamel atau bahan makanan lainnya dapat mengurangi manfaat bagi jantung. Bahan-bahan tambahan ini menambah lemak dan kalori ke tubuh.


Kaya akan nutrisi

Cokelat hitam mengandung berbagai bahan yang memiliki efek positif pada kesehatan tubuh. Diyakini bahwa zat ini mampu melawan radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh. Pembentukan radikal bebas tidak dapat dihindari karena terjadi secara alami melalui proses tubuh seperti pernapasan. Radikal bebas lainnya adalah asap rokok, asap kendaraan, dan polusi.

Zat kedua dengan cokelat hitam adalah flavonoid. Flavonoid juga merupakan antioksidan pada manusia yang melindungi tubuh dari radikal bebas. Namun, flavonoid juga dapat diserap dalam apel, teh, dan bawang.

Selain itu, ada juga Flavanolgehalt dalam dark chocolate. Flavanol ini membuat cokelat bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi pembekuan pembekuan darah, dan meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung.

Sayangnya, proses pengolahan dark chocolate dapat mengurangi atau bahkan menghilangkan flavanol dalam dark chocolate. Semakin banyak pemrosesan, semakin sedikit tingkat flavanol. Meskipun dark chocolate memiliki kandungan flavanol tertinggi, namun, kandungan flavanol dapat hilang lebih banyak dengan pemrosesan yang lebih lama.

Mencegah berbagai penyakit

Banyak penyakit dapat dicegah atau dikurangi dengan mengonsumsi cokelat hitam.

  • Meredakan stres

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi cokelat secara teratur dapat mengurangi stres. Namun, penelitian ini memiliki beberapa kelemahan, sehingga hasilnya belum dapat digunakan sebagai bukti untuk teori tersebut. Oleh karena itu, diperlukan penelitian yang lebih besar untuk membuktikan efektivitas cokelat hitam dalam mengurangi stres.

  • Menurunkan tekanan darah dan risiko stroke

Sebuah studi sekitar 2 hingga 8 minggu menunjukkan bahwa mengonsumsi cokelat hitam menurunkan tekanan darah. Namun, disebutkan bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan.

Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi dua batang cokelat per hari memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi cokelat. Tentu saja, risiko kanker ini juga harus disertai dengan gaya hidup sehat dan diet sehat. Namun, penelitian ini memiliki kelemahan: Orang yang makan cokelat biasanya orang yang lebih sehat daripada mereka yang tidak. Orang yang tidak makan cokelat mungkin bertanggung jawab hanya karena mereka memiliki kondisi medis tertentu yang mencegah mereka makan cokelat.

Baca Juga : Manfaat Jeruk Nipis

Meskipun dipercaya bahwa dark chocolate memiliki banyak manfaat kesehatan, disarankan agar Anda mengkonsumsinya secara berlebihan. Gunakan diet seimbang dan gaya hidup sehat untuk mencapai stamina optimal.